Home Entertainment Mari Mengenal Alat Musik Melodis : Pengertian, Contoh dan Cara Memainkannya

Mari Mengenal Alat Musik Melodis : Pengertian, Contoh dan Cara Memainkannya

19
0

Alat musik melodis adalah instrumen yang menciptakan nada dan memiliki ritme. Indonesia memiliki berbagai macam alat musik melodis, mulai dari alat musik gesek dan senar hingga alat musik tiup. Instrumen melodi berbeda dari instrumen ritme karena digunakan untuk mempertahankan ritme dan membuat suara lebih berwarna. 

Memainkan alat musik melodis dapat menciptakan nada yang menyenangkan. Namun, kombinasi keduanya menciptakan harmoni yang indah. Pengertian melodi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah susunan nada dari rangkaian tiga nada atau lebih yang berbunyi dalam urutan yang logis dan berirama serta mengungkapkan suatu gagasan. Melodi adalah susunan nada yang indah.

Pengaturan nada menggunakan pola ritme khusus untuk membuatnya indah untuk didengarkan atau dimainkan. Melodi terdiri dari susunan nada dengan nada, valensi, dan pola yang ditetapkan tinggi dan rendah untuk menciptakan sebuah lagu. Untuk menghasilkan melodi, Anda memerlukan instrumen melodi yang mampu memainkan melodi lagu.

Dalam modul Konsep Desain Musik Modern dan Teknologi Musik Kreatif (Seni Budaya Seni Musik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, alat musik melodis adalah alat musik yang fungsinya menciptakan melodi dengan nada tunggal dalam sebuah lagu. Umumnya, instrumen melodi tidak dapat memainkan akord atau nada harmonik. Menurut cara memainkannya, ada empat jenis alat musik melodis yaitu alat musik tiup, alat musik gesek, alat musik gesek dan alat musik perkusi. 

Contoh alat musik melodi 

1. Piring

Piring adalah alat musik tiup. Ada empat jenis perekam, mulai dari ukuran terbesar, sopran, alto recorder, dan tenor recorder. Tape recorder yang biasa digunakan di sekolah-sekolah adalah treble tape recorder. Cara memainkan perekam sambil meniup. Cara meniup tape recorder adalah dengan membuat nada tinggi dengan bentuk mulut Anda, seperti mengucapkan huruf sepuluh, dengan meniup nada tersebut. Bass terasa seperti bentuk mulut yang mengatakan huruf saat berhembus di sepanjang nada. Untuk staccato, gunakan napas pendek. Legato dapat menggunakan peringatan untuk beberapa catatan. Jangan meniup terlalu keras sehingga suara yang dihasilkan tidak keras, tetapi jernih, bersih, dan menyenangkan. 

2. Pianika

Pianika adalah alat musik tiup yang dilebih-lebihkan seperti piano. Alat musik ini dimainkan dengan cara meniupkan udara melalui selang blower dan menekan tuts seperti piano.

3. Harmonika

Harmonika adalah alat musik tiup. Menggesek ke kiri dan kanan memainkan harmonika. 

4. Saksofon

Saksofon adalah alat musik tiup dan melodi yang terbuat dari logam. Bentuknya seperti pipa asap dan katup logam.

5. Gitar

Gitar adalah alat musik gesek melodis yang dibangun di sekitar tubuh utama dan memiliki leher yang kokoh sebagai tempat senar untuk beristirahat. Gitar dimainkan dengan jari atau pick untuk membuat nada. 

6. Biola Mirip dengan gitar, biola adalah alat musik gesek melodi yang memiliki empat senar dengan laras berbeda yang disusun dalam perlima sempurna satu sama lain. Biola dimainkan dengan cara digeser.

Alat Musik Tradisional Selain alat musik melodis modern, alat musik melodi juga muncul dalam alat musik tradisional Indonesia, antara lain: 

1. Bonang

Bonang adalah alat musik melodi yang dipukul atau dipukul dengan tongkat khusus yang disebut bindhi. Bonang terbuat dari logam seperti besi, perunggu atau kuningan dengan bentuk terangkat di bagian atas untuk menghasilkan nada dengan nada yang unik. 

2. Angklung

Angklung adalah alat musik melodis tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu. Angklung terdiri dari dua, tiga atau empat bambu yang disusun dalam dua, tiga dan empat nada. Ini adalah bagaimana Anda memanggilnya dengan gemetar atau bergetar. 

3. Sasando

Alat musik sasando Melodi berasal dari Pulau Rote di Noos Tengar Timur (NTT). Bentuk sasando sangat unik, tidak seperti alat musik petik lainnya yang berbentuk tabung panjang. Sasando terbuat dari bambu, kayu, peniti, tali dan daun lontar. Untuk menghasilkan nada, sasando dimainkan dengan cara menekan senar dengan kedua tangan.

5 Jenis Alat Musik Melodis Paling Familiar

  1. Angklung

Angklung adalah contoh alat musik melodis, cara memainkannya dengan cara digoyang-goyangkan. Ini adalah contoh alat musik melodis tradisional Indonesia dari daerah Sunda. Sangat unik dan sekarang mengambil alih dunia dengan bentuk dan cara bermainnya. Instrumen melodi harus dimainkan dengan digotang untuk menciptakan nada. Suara yang dihasilkan berasal dari bagian utama tabung bambu, sehingga suara bergetar dalam urutan 2, 3 hingga 4 nada dalam semua ukuran angklung, besar dan kecil.

  1. Calung

Calung adalah contoh alat musik melodis, ketika dimainkan bergetar seperti angklung. Alat musik merdu ini terbuat dari bambu. Musisi biasanya memainkan calung dengan angklung untuk menciptakan suara yang harmonis. Kedua instrumen dapat menghasilkan tangga nada pentatonik, membuatnya ideal untuk digunakan bersama mereka.

  1. Kecapi

Kecapi merupakan contoh alat musik melodis dan cara memainkannya dengan cara dipetik. Contoh alat musik melodis seperti kecapi mudah ditemukan dalam kegiatan kesenian Sunda. Kecapi terbuat dari kayu Kenanga yang direndam selama tiga bulan saja. Dan senarnya, untuk menghasilkan nada yang bagus, harus terbuat dari kawat suasa (campuran emas dan tembaga), seperti halnya kecapi yang dibuat sebelumnya. Alat musik harpa dimainkan dengan cara memetik senar atau senar pada papan kayu (badan harpa).

  1. Talempong

Talempong atau Cak Lempong adalah contoh alat musik melodis dan cara memainkannya dengan cara ditepuk. Ini adalah contoh alat musik melodis dari suku Minangkabau Indonesia. Bentuknya hampir sama dengan instrumen bonang pada instrumen gamelan. Talempong adalah contoh alat musik melodis yang terbuat dari kuningan, namun ada juga yang terbuat dari kayu dan batu. Talempong kuningan kini lebih banyak digunakan. Contoh alat musik merdu talempong sering digunakan untuk mengiringi pertunjukan tari atau upacara penyambutan, seperti tari meja, tari pasambahan, tari Alang Suntiang Pangulu, dan tari gelombang. Talempong biasanya dilakukan dengan akordeon. Selain akordeon, alat musik seperti saluang, gandang, serunai dan alat musik tradisional Minangkabau lainnya sering dimainkan dengan talempong.

  1. Akordion

Akordion merupakan contoh alat musik melodis, cara memainkannya digantung atau disangga. Di Indonesia, contoh alat musik melodis ini disebut akordeon atau harmonika. Di luar negeri, telepon tetap sama, tetapi ditulis berbeda, yaitu akordeon. Akordeon adalah instrumen mirip organ dengan bentuk yang lebih kecil. Alat musik ini dimainkan dengan menekan tombol “chord” dengan jari-jari tangan kiri sedangkan tangan kanan memainkan melodi yang mengiringi lagu. Tetapi jika Anda seorang ahli, Anda biasanya dapat menggunakan tangan Anda secara bergantian. Suara yang dihasilkan oleh sampel instrumen melodi akordeon berasal dari gerakan udara yang diarahkan ke “lidah” ​​akordeon. Udara ini berasal dari gerakan (dorong dan tarik) tangan pemain.

Previous article9 Teknik Dasar Bulu Tangkis
Next article3 Game Online Seru! Mulai dari Nickname PUBG, Ayo Dance hingga RF Throne

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here